Rabu, 24 Maret 2010

Semua Karena Cinta

Semua karena Cinta
Soulmate Search
Kita mungkin pernah merasakan indahnya jatuh cinta, jantung berdetak kencang, perasaan gemetar, grogi, senang dan sealalu happy. Pikiran senantiasa tertuju pada sang pujaan hati, makan tidak enak, tidur pun tak nyenyak. Semua itu membuat sang pelaku merasa lebih relaks dan bahagia. Apakah yang menyebabkan munculnya tanda-tanda tersebut?
Penyebab utama terjadinya perubahan perasaan seseorang menjadi lebih gembira, lebih enjoy, dan lebih happy itu adalah hasil dari perubahan senyawa yang ada di dalam tubuh. Tubuh ini menyimpan beribu-ribu senyawa yang berperan mengatur suasana hati, sedangkan otak berperan penting sebagai “ pusat pengendali “ terjadi proses kimia cinta. Cinta sama halnya dengan candu kimiawi. Jatuh cinta merangsang pusat kenikmatan yang berada di otak untuk meningkatkan dopamine (zat kimia yang yang menentukan rasa nikmat dan menimbulkan “ ketagihan “) sama seperti ketika kita memakan cokelat : kita tidak bisa berhenti sebelum cokelat itu habis.
Ternyata manusia memiliki senyawa kimia yang bernama feromon mirip dengan kandungan yang terdapat di dalam cokelat, yaitu, senyawa utama yang memberikan sinyal kepada senyawa lainnya untuk bereaksi.
Mengkonsumsi cokelat dapat mempengaruhi perilaku dan suasana hati (mood) seseorang. Kandungan dalam cokelat ternyata mampu merangsang reaksi sejumlah hormone yang menghasilkan perasaan bahagia, misal kandungan feniletilamin yang mirip amfetanin yang dapat meningkatkan serapan tritofan ke dalam otak, kemudian menghasilkan dopamine yang berdampak munculnya perasaan senang dan memperbaiki suasana hati.
Karena itulah pada saat perayaan hari kasih sayang atau Valentine’s Day, sebagian orang merayakannya dengan sepotong cokelat.
By :Evy marlina, Jakarta 2008

Catatan :
Dopamin : Senyawa yang membuat seseorang terlihat lebih cerah raut wajahny, bersinar, atau bertambah cantik saat sedang jatuh Cinta ^^. Hormon ini bekerja pada tampilan fisik seseorang sehingga terlihat lebih segar. Dopamin juga mampu mendorong suasana hati, meningkatkan energy.
Feromon : Zat kimia yang berasal dari kelenjar Endokrin dan digunakan oleh makhluk hidup untuk mengenali sesama jenis, individu lain, kelompok dan untuk membantu proses reproduksi.
Feniletimin :Senyawa yang memberikan respon tersipu-sipu atau malu ketika berpandangan dengan orang yang dimaksud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar